Tempat-Tempat yang Perlu Dikunjungi Saat di Madinah

    Hai, Dears.Siapa di sini yang hendak melaksanakan ibadah haji atau umrah? Nah, aku punya beberapa rekomendasi tempat yang bisa dikunjungi saat berada di Madinah.


  • Masjid Nabawi


    Destinasi pertama yang wajib dikunjungi saat kita berada di Madinah adalah Masjid Nabawi, ini adalah masjid kedua yang dibangun oleh Nabi Muhammad SAW, setelah Masji Quba. Ada banyak  keutamaan shalat di Masjid Nabawi, salah satunya adalah mendapat pahala 1000 kali dibanding shalat di masjid lain.


  • Raudhah



    Tempat kedua adalah Raudhah, Raudhah adalah tempat dimakamkannya Rasulullah dan beberapa sahabat, seperti Sayyidina Abu Bakar dan Sayyidina Umar. Raudhah terletak di dalam kawasan Masjid Nabawi yang ditandai dengan karpet berwarna hijau. Fyi, Raudhah berada di shaf laki-laki jadi tidak selalu dibuka untuk perempuan, biasanya Raudhah dibuka pada jam-jam tertentu di antaranya pada waktu Dhuha, Ba'da Dzhuhur dan Ba'da Isya (itupun tidak selalu).


  • Jannatul Baqi



    Jannatul Baqi atau pemakaman Baqi berada di samping masjid Nabawi, tepatnya di sebelah timur area Masjid Nabawi. Janntul Baqi merupakan tempat dimakamkannya para sahabat di antaranya adalah Sayyidina Utsman RA, para istri Nabi, dan putra-putri Nabi. Fyi, yang diperbolehkan memasuki area pemakaman hanya laki-laki, untuk wanita hanya boleh menunggu di luar area pemakaman.


  • Masjid-Masjid di Sekitar Masjid Nabawi



    Perlu diketahui bahwa di sekitaran Masjid Nabawi ternyata banyak sekali masjid-masjid bersejarah, seperti masjid Abu Bakar, Masjid Ghamamah, Masjid Bilal, dll. Masjid-Masjid ini banyak dijadikan monumen napak tilas dari tokoh-tokoh bersejarah zaman dulu.


  • Masjid Qiblatain



    Masjid Qiblatain adalah saksi di mana Rasulullah diperintahkan untuk berpindah Qiblat dari Baitul Maqdis menjadi menghadap ke Kakbah. Masjid Qiblatain terletak di Quba, tepatnya di atas sebuah bukit kecil di sebelah utara Harrah Wabrah, Madinah.


  • Masjid Quba




        Masjid Quba merupakan masjid pertama yang dibangun oleh Rasulullah SAW saat tiba di Madinah. Masjid Quba terletak di pinggiran kota Madinah, sekitar 6 km jauhnya dari pusat kota Madinah.


  • Jabal Uhud



    Jabal Uhud atau Gunung Uhud adalah tempat bersejarah di mana Rasulullah SAW bersama sahabat berperang melawan kafir Quraisy. Jabal Uhud ini terletak 5 km dari pusat kota Madinah. Di sekitar Jabal Uhud juga terdapat makam para Syuhada.

  • Kebun Kurma



    Kabun kurma ini lebih ke tempat wisata, di sana juga ada tempat perbelanjaan dan cafe. Di area belakang ada kebun kurma yang bisa dijadikan tempat bersantai. Tidak hanya menjual kurma, di tempat ini juga dijual berbagai macam cemilan seperti kacang-kacangan, cokelat, permen, dll.


Cukup sekian tulisan dari aku, semoga bermanfaat.

You May Also Like

0 komentar