Mau Traveling Hemat? Simak Tipsnya!



Tips Traveling Hemat


Hallo Travellers....
Baru kemarin libur lebaran tapi sudah mau traveling lagi? Budget masih tipis tapi kaki sudah gatal mau melancong.
Kamu tidak usah takut, Kamu masih bisa ber-traveling ria dan tentunya low budget. Mau? Yuk simak tipsnya!

1. Gunakan Kendaraan Umum

Saat kamu memutuskan untuk menjadi traveler, gunakanlah kendaraan umum sebagai alat tranportasimu. Kenapa? Karena kendaraan umum relatif lebih murah dibandingkan dengan membawa kendaraan pribadi atau menggunakan taxi. Membawa kendaraan pribadi memang lebih memudahkan kita mencapai destinasi tujuan tanpa harus naik turun kendaraan, akan tetapi cobalah pertimbangkan biaya yang harus dikeluarkan untuk bahan bakar, biaya parkir, biaya tol dan lain sebagainya. Nah jika sudah sampai di tempat tujuan, sekiranya masih bisa dicapai dengan berjalan kaki maka berjalan menjadi pilihan jika Kamu memang benar-benar ingin traveling dengan hemat. Selain hemat, berjalan kaki juga membuatmu lebih sehat, betul?

2. Jangan Gengsi

Saat perutmu minta diisi, jangan tunda. Itu demi kesehatanmu. Tapi ingat travelingmu adalah low budget traveling jadi tetap perhatikan budget yang harus dikeluarkan. Jangan gengsi untuk makan di pinggir jalan atau pedagang-pedagang kaki lima untuk menghemat pengeluaran travellingmu. Pilihlah menu sederhana asal mencukupi nutrisi yang dibutuhkan tubuhmu dan yang terpenting Kamu kenyang!

3. Bawa Bekal dari Rumah

Kedengarannya memang aneh, tapi ini berguna untuk Kamu yang mau low budget traveling. Bawalah cemilan seperti roti, snack, air putih, dan lain sebagainya untuk jaga-jaga saat Kamu kelaparan di perjalanan. Dengan membawa makanan dari rumah Kamu bisa menghemat pengeluaran karena jajanan di tempat tujuanmu bisa saja lebih mahal bukan? 
Bawa juga botol air minum yang sebelumnya sudah kamu isi di rumah, saat traveling kamu tidak boleh dehidrasi tapi tetap low budget.

5. Pilihlah Penginapan Murah, Bukan Hotel Mewah

Saat Kamu harus menginap, maka menginaplah di penginapan yang cocok dengan kantongmu. Atau di beberapa kota seperti di Jogja ada penginapan khusus backpacker tanpa dipungut biaya. Nah kesempatan ini tidak boleh Kamu sia-siakan. Maka dari itu penting sekali untuk mencari informasi sedetail mungkin tentang destinasi tujuanmu jauh-jauh hari sebelum Kamu memutuskan untuk pergi. Atau Kamu bisa traveling ke kota dimana ada kerabatmu tinggal, tentu ini bisa menghemat pengeluaranmu karena kamu bisa menginap, makan dan diantar kemana pun  Kamu mau secara gratis, lumayan kan hehehehehe.

6. Jangan Laundry Bajumu

Setelah beberapa hari traveling banyak bajumu yang kotor, Kamu berniat mencuci bajumu dengan jasa laundry yang ada di penginapan. Lebih baik jangan, cuci bajumu sendiri untuk menghemat budget atau tidak usah dicuci pun tidak apa-apa. Siapa yang akan peduli?

7. Belanja di Pasar Loak

Rasanya kurang lengkap jalan-jalan tanpa membeli oleh-oleh. Membeli oleh-oleh sah-sah saja asal tahu tempat dan pintar nego. Jangan berbelanja di puat perbelanjaan atau mall, pilihlah pasar loak dengan harga miring dan juga bisa kamu tawar untuk menghemat budget. Jangan kalap saat berbelanja, beli lah sesuatu yang Kamu butuhkan dan jangan terlalu banyak.

Oke Travellers, itulah tips low budget traveling dari saya, kurang lebihnya mohon maaf. Keep exploring Guys!



You May Also Like

2 komentar