Tips Agar Tetap Sehat saat Berpuasa




Yeaayyyyyy, Ramadhan sudah di depan mata.
Bulan Ramadhan adalah bulan yang mulia, penuh berkah, ampunan serta rahmat, memang sudah seharusnya kita berbahagia menyambut bulan suci ini.
Berbicara tentang puasa, apa persiapanmu untuk menjalani puasa sebulan penuh?
Meski kita berpuasa 13 jam lebih, kita harus tetap semangat dan tidak boleh loyo. Oh ya, aya ada beberapa tips dari saya agar puasamu tidak terasa berat dan tentunya kamu tetap sehat. Mau? Simak terus yuk!


Jangan Tinggalkan Makan Sahur

Selain merupakan Sunnah Rasul, makan sahur juga berperan penting selama proses berpusa karena sahur dapat menambah kekuatan serta energi untuk tubuh kita. Menu sahur pun harus benar-benar diperhatikan ya, jangan sampai kita salah asupan nutrisi. Buah-buahan dan sayuran harus tetap ada dalam menu sahur, dan jangan lupa minum air yang cukup karena selama berpuasa kita akan kehilangan cairan dalam tubuh.

Berolahraga

Berpuasa bukan berarti kita membatasi ruang gerak serta aktivitas, meski kita sedang berpuasa jangan sampai kita tidak berolahraga dengan alasan tubuh kita lemas "Jangankan olahraga, ngangkat baskom aja lemes", NO!! Jangan ada alasan untuk tidak berolahraga, karena olahraga akan membuat tubuh kita bugar dan tidak loyo.


Selama Berpuasa, Isilah dengan Kegiatan yang Positif

Berpuasa bukan jadi alasan untuk kita seharian tidur, karena terlalu banyak tidur akan membuat tubuh kita semakin tak bertenaga. Sebaiknya isi puasa kita dengan kegiatan positif seperti kegiatan amal, pesantren kilat ataupun yang lainnya, yang penting puasa kita tidak melulu diisi dengan tidur, iya sih jika dalam hadits Rasulullah bahwa tidurnya orang yang berpuasa adalah ibadah, tapi alangkah lebih baik jika puasa diisi dengan kegiatan positif bukan?


Jangan Kalap Ketika Berbuka

Biasanya saat kita jalan-jalan sore, banyak pedagang takjil atau menu buka lainnya menjajakan dagangannya dipinggir jalan. Belum lagi siangnya kita lihat poster, atau video di instagram, youtube bahkan televisi tentang makanan atau minuman terus sorenya kita niat sekali untuk berburu makanan atau minuman tersebut. Itu bukan sekedar lapar perut, tapi juga lapar mata. So, tahan ya memang sih saat berpuasa apapun makanan atau minuman yang kita lihat itu enak akhirnya kita beli banyak makanan padahal belum tentu kita sanggup menghabiskannya, jika pun sanggup kita akan sangat merasa kekenyangan dan akhirnya kesehatan kita terganggu karena proses pencernaan kita tidak maksimal. Pilihlah menu buka yang sehat dengan porsi sewajarnya, makan makanan yang manis memang disunahkan saat mengawali berbuka, tapi perlu kita perhatikan kandungan gula didalamnya. Jika kita ingin mengikuti sunnah Rasul, awali berbuka puaa dengan sebuti sampai 3 butir kurma. Jika kita tidak ada bisa diganti dengan air putih.


Jangan Lupa Mengonsumsi Vitamin

Selain buah dan sayur, vitamin pun diperlukan untuk melengkapi kebutuhan nutrisi tubuh kita. Jangan sampai kita jatuh sakit karena kekurangan nutrisi saat berpuasa. Maka dari itu direkomendasikan untuk tetap mengkonsumsi vitamin. 


Semoga tulisan ini bermanfaat, selamat berpuasa!

You May Also Like

0 komentar