Mengenal Budaya Cina di Chinatown Bandung

chinatown bandung

Kamu suka selfie? Kamu suka traveling? kamu suka destinasi wisata yang Instagramable? Hmmm  saya ada rekomendasi tempat liburan di daerah Bandung, Jawa Barat. Anyway, Bandung memang surganya destinasi wisata, mulai dari yang Instagramable hingga destinasi wisata yang berbaur dengan alam. Kamu hanya tinggal pilih saja mana yang cocok denganmu. Nah, kali ini saya akan membahas sedikit tentang pengalaman saya berkunjung ke Chinatown, destinasi wisata di Bandung yang kaya akan nilai budaya, khususnya budaya Cina. Chinatown sangat cocok dikunjungi bersama keluarga, selain tempatnya nyaman, tempat ini bisa menjadi sarana untuk kita mengenal sedikit budaya dan adat Cina.


chinatown bandung

Alamat Chinatown

Chinatown sendiri letaknya cukup strategis karena tidak begitu jauh dari pusat kota Bandung, tepatnya di Jalan Kelenteng, No.41, Ciroyom, Andir, Kota Bandung. Kamu hanya perlu menempuh perjalanan sekitar empat menit dari alun-alun Bandung. Sekadar informasi, wilayah ini memang banyak dihuni oleh etnis Tionghoa, sehingga budaya China di sana tersasa begitu kental ditambah dengan kehadiran kelenteng yang berusia lebih dari seratus tahun.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke Chinatown masih lumayan, artinya tidak terlalu mahal ataupun murah. Ketika saya berkunjung ke Chinatown libur Lebaran kemarin, tiket masuk per orangnya adalah 40.000 rupiah. Harga tiket bisa saja berubah sewatu-waktu, sebab bisa saja untuk hari-hari biasa harga tiket lebih murah dari itu.




Suasana di dalam Chinatown

Dilihat dari namanya sudah pasti kita bisa menebak jika Chinatown kental akan budaya Cina, ketika saya baru masuk pun saya langsung disuguhi dengan berbagai ornamen khas Tionghoa, begitu pula dengan alunan musiknya yang membuat saya dan pengunjung lain seolah dibawa ke negeri Tirai Bambu abad 19 karena budaya Cina zaman dulu begitu terasa saat memasuki tempat ini.



Banyak Spot Selfie

Selain disuguhi dengan ornamen Cina klasik, saya dan pengunjung yang lain juga dimanjakan dengan banyaknya spot selfie yang Instagramable, entah di luar ruangan ataupun di dalam ruangan. Ada yang anti-mainstream, di area Chinatown terdapat selfie room untuk kita para pengunjung bebas ber-selfie ria sepuasnya dengan berbagai background yang unik dan menarik. Tapi ingat, saat musim liburan datang dan pengunjung sedang banyak-banyaknya, kita harus rela bergantian dengan pengunjung lain. Artinya di dalam selfie room tidak boleh terlalu lama sebab pengunjung yang lain pun sedang mengantre untuk bisa selfie.



Jajanan di Chinatown

Meski kental akan budaya Cina, Chinatown banyak menjajakan jajanan khas Indonesia, seperti ayam geperek, seblak dan lain sebagainya. Penting untuk diketahui, bahwa tidak ada kuliner berbahan daging babi di sana, sehingga untuk kamu yang Muslim bisa makan dengan bebas dan aman tentunya.



Cocok untuk Bermain Anak-Anak

Chinatown merupakan destinasi wisata keluarga, selain banyak spot selfie di dalam kawasan Chinatown terdapat arena bermain untuk anak-anak. Anak-anak bisa bermain dengan aman dan nyaman di sana karena telah disediakan beberapa alat permainan.

Alat Pembayaran di Chinatown

Alat pembayaran di dalam area Chinatown tidak menggunakan uang tunai, kita bisa mengganti alat pembayaran dengan kartu kredit, debit atau BCA Flazz.

Di Chinatown juga disediakan sewa pakaian adat Cina, make up ala wanita Cina dan juga fotografer. Jujur saja saya sedikit menyesal tidak mencobanya, mungkin lain kali bisa. Kamu harus coba datang ke Chinatown biar rasa penasaranmu setelah membaca blog ini bisa terobati, hehehehe. Cukup sekian pembahasan saya tentang Chinatown Bandung, semoga bermanfaat. Keep exploring, Guys!

You May Also Like

5 komentar

  1. Makasih rekomondasi tempat wisatanya kakak

    BalasHapus
  2. Wahh menarik banget ya, itu saya suka banget pose foto yang mba nisa megang kamera itu keren banget. Jadi itu di selfie room mba? Atasnya ada cermin atau gimana? Fotonya seperti itu soalnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya di selfie roomnya ada cermin, banyak sih selfie room di sana, itu cuma salah satunya aja😁

      Hapus
  3. kayaknya enak main kesana nih. ada lorong waktunya pula hehe

    BalasHapus