Jenis-Jenis Sunscreen yang Perlu Kamu Ketahui

 



Dulu sebelum mengenal skin care aku kira sunscreen gak begitu penting, i mean kupikir sunscreen hanya digunakan hanya kalau pergi ke pantai atau untuk aktivitas yang terpaksa harus kena sinar matahari biar kulitnya gak gosong. Tapi ternyata, sunscreen is the mother of skin care. Sunscreen bukan cuma jadi pencegah kulit jadi gosong karena sinar matahari, tapi mencegah berbagai efek buruk dari sinar matahari itu sendiri, dan sekaligus melindungi kandungan skin care yang kita pakai agar tidak rusak kandungannya. Balik lagi ke istilah "Sunscreen is the mother of skin care", kenapa ada istilah seperti itu? karena sebagus dan semahal apapun skin care yang kita pakai, tanpa sunscreen itu jadi sia-sia, gak berguna. Termasuk bagi kita yang suca melayer-layer skincare. Sepenting itu.

Nah, bicara tentang sunscreen, ternyata sunscreen sendiri memiliki 3 jenis yang bisa digunakan sesuai kebutuhan kulit kita. Apa saja sih?



  • Physical Sunscreen

Sesuai dengan namanya, Physical Sunscreen ini bekerja di atas permukaan kulit dengan cara memantulkan sinar UV A & UV B. Karena berada di permukaan kulit, Physical Sunscreen bisa bekerja secara efektif menangkal efek buruk dari sinar matahari. Selain itu, Physical Sunscreen juga lebih cocok untuk pemilik kulit sensitif karena tidak reaktif..

Fyi, Physical Sunscreen memakai Titanium Dioxide & Zinc Dioxide sebagai UV Filter. Teksturnya lebih berat dan susah diblend juga meninggalkan whitecast. Maka dari itu, Physical Sunscreen disebut juga dengan sunblock.

Contoh produk Physical Sunscreen:  Innisfree Perfect UV Protection Cream Triple Care dan Skin Aqua UV Moisture Milk.


  • Chemical Sunscreen

Chemical Sunscreen bekerja dengan cara menyerap sinar UV A & UV B, lalu mengubahnya menjadi panas dan mengeluarkannya dari tubuh. Biasanya tekstur dari Chemical Sunscreen ini lebih light alias ringan dan mudah meresap, sehingga minim menimbulkan whitecast. Nah, Chemical Sunscreen menggunakan Avobenzone, Oxybenzone, Octisalate, Homosalate, Tinosorb, Uvinul T, Dll. Sayangnya, Chemical Sunscreen rentaln menimbulkan iritasi dan alergi.

Contoh produk Chemical Sunscreen: Emina Sun Protection SPF 30 PA PA +++, Wardah Sunscren Gel SPF 30.

  • Hybrid Sunscreen

Hybrid Sunscreen merupakan gabungan ingredients dari Physical dan Chemical Sunscreen.

Contoh produk Hybrid Sunscreen: COSRX Aloe Soothing Sun Cream SPF 50 PA+++.


Oke, Dears. Cukup sekian postingan kali ini, jangan lupa dishare, semoga bermanfaat.

Thank you.

You May Also Like

0 komentar